Petunjuk Paket Pemula



1. Potong-potong rockwool/busa ukuran 2cm x 2cm x 2cm atau ukuran 2 ruas jari, lalu basahi/rendam dalam air. Susun dalam suatu wadah, buat lubang menaruh tempat benih didalamnya, jangan terlalu dalam.

2. Masukkan benih yang anda punya, satu pootong rockwool bisa diletakkan lebih dari satu benih sejenis jika memang benih tersebut termasuk dalam jenis sayuran yang tidak butuh ruang tumbuh yang besar seperti kangkung, bayam atau hendak hanya dibuat microgreens, jika benih tumbuhan yang membutuhkan ruang yang besar seperti sawi/caisin, selada, seledri, tomat dll. letakkan hanya satu saja. Lalu tutup dengan plastik hitam agar tetap lembat dan merangsang pertumbuhan benih.

3. Cek semaian anda 2 atau 3 hari kemudian, apakah sudah bertunas/sprout atau belum, jika sudah maka pindahkan benih bersama rockwoolnya ketempat lain yang mendapat sinar matahari.

4. Buat larutan nutrisi dengan cara ambil wadah (botol) yang mempunyai volume 500ml air 2 buah, lalu isi air sebanyak 500ml dan tandai, tuang air 1/3 nya ke wadah lain dan masukkan serbuk nutrisi A pada wadah yng berisi 2/3 air, aduk dan tambahkan kembali air sampai batas yang tadi ditandai. Lakukan pada serbuk nutrisi B juga.

5. Saat benih sudah bertunas dan keluar daun pertamanya boleh dikenakan air yang sudah dicampur nutrisi dengan perbandingan 3ml : 3ml : 1liter air.

6. Ketika sudah tumbuh 4 daun pindahkan kewadah yang lebih besar dan dikenalkan dengan air nutrisi dengan perbandingan 5ml : 5ml : 1liter air.

7. Cek ppm dengan alat ppm/ tanyakan ppm dasar nutrisi tersebut apakah 551 ppmnya 500 atau 1000. Biasanya makin besar tanaman makin tinggi ppmnya.

Sawi 1050-1400ppm, ph 5,5-6,5, masa tanam 30-40hari

Seledri 1260-1680ppm, ph 6,5, masa tanam 1-3 bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar