Halaman

Rabu, 09 Desember 2015

KANGKUNG

Kangkung tanaman kaya serat ini memang mudah sekali tumbuh, terkadang kita bisa menemukannya tumbuh dipinggiran kolam, rawa atau got. Tanaman mudah tumbuh ini pun biasanya dijual dengan harga murah, 2000/ ikat tapi tentu saja bukan berarti kangkung itu murahan. Pada beberapa kebun hidroponik, kangkung ini bisa jadi komoditi yang menguntungkan, dikarena sifatnya yang mudah tumbuh dan menjadi salah satu sayuran favorit masyarakat, disupermarket sendiri kangkung hidroponik dibandrol dengan harga Rp. 15.000 - Rp. 20.000/ikat.

Bagaimana tanam kangkung sebaiknya?
Tanaman kangkung memang sangat mudah tumbuh, tetapi kita harus jeli melihat sifatnya. tanaman kangkung ini tumbuh memanjang keatas sehingga bisa diusahakan diruang yang sempit. berikut tips dari Nadj hydro mengenai penanaman kangkung dengan sistem hidroponik.

Bahan-bahan :
1. nampan. traysemai
2. media tanam sekam bakar 3 :1 cocopeat
3. benih kangkung
4. busa
4. bak dan penutup yang sudah diberi lubang untuk sistem rakit apung guna sebagai wadah pendewasaan
5. siapakn sistem lain untuk pendewasaan.

Cara :
Tuang media tanam di bak/ traysemai, sisakan sedikit untuk digunakan nanti. sebar benih kangkung secara acak lalu tabur kembali sisa media tanamnya dan basahi.

SEMAIAN KANGKUNG DI MEDIA SEKAM BAKAR DAN COCOPEAT

Biasanya kangkung akan tumbuh dalam masa 1-3 hari, Setelah semaian berumur 5 hari maka sudah bisa dipindahkan ke sistem peremajaan. ambil 4-5 bibit kangkung yang terlihat paling besar dan jepit dengan busa lalu taruh ditempat peremajaan. Biarkan ditempat peremajaan sampai usia 12 hss.
dan jangan lupa isi kembali tempat peremajaan setelah kosong.

SEMAIAN DIPINDAH KE RAKIT APUNG DENGAN DIJEPIT BUSA

Setelah usia 12 hss tanaman sudah bisa dipindah ke sistem lain, rakit apung/nft, untuk satu lubang bisa ditaruh 2-3 busa yang berisi 4-5tanaman, karena sudah mempunyai akar yang panjang biasanya saya tidak mempergunakan netpot. pada usia 20hss kangkung sudah bisa dipanen.
SETELAH SEMINGGU DI RAKIT APUNG KEMUDIAN DIPINDAH KE DFT SAMPAI PANEN

bibit kangkung usia 12 hss

lebar daun kangkung ketika panen
hasil panen, bila terlewat waktunya maka akan tumbuh memanjang seperti sulur, tapi tetap dapat dikonsumsi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelatihan hidroponik 2022

Pelatihan di RPTRA MENARA